Saturday, January 3, 2015

Makanan Penambah Darah Kaya Akan Zat Besi

Makanan Penambah Darah Kaya Akan Zat Besi
Kondisi tubuh yang lemas serta tidak bergairah, itu biasanya disebabkan kekurangan darah. Mengkonsumsi makanan yang dapat menambah darah adalah solusinya, karena makanan tersebut dapat mempercepat produksi sel darah merah. Sel darah merah ini harus berjumlah normal, karena bila berlebihan ataupun kekurangan dapat menimbulkan masalah kesehatan. selain itu, juga bisa mengkonsumsi obat penambah darah, namun selalu cedaslah dalam memilih obat.

Banyak sekali makanan yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah, baik itu buah-buah maupun sayuran. Kismis adalah salah satunya, makanan yang satu ini terbuat dari anggur kering yang bisa menambah darah dalam tubuh secara efektif. Ada juga, jeruk limau, apel, melon dan berbagai jenis jeruk.

Lemas pada tubuh akibat kukurangna darah dapat dicegah dengan zat besi, tepatnya makanan yang tinggi akan zat besi.  Yaitu daging dan ikan segar adalah salah satunya. Selain itu terdapat ikan yang kaya akan zat besi seperti, ikan baronang, lalu ikan sarden yang per 100 mg nya memiliki 2,5 mg zat besi.

Berikut adalah beberapa makanan kaya zat besi, yang dapat meningkatkan produksi darah.

  • Sayuran Berdaun Hijau

Dengan sayuran yang berdaun hijau seseorang dapat mengontrol berat badan dan juga bisa menambah darah. Dan juga dapat melancarkan sistem pencernaan. Seperti, bayam, seledri, brokoli, kubis, lobak, kembang kol, kangkung, selada, ubi jalar dan banyak lagi.

  • Bit

Daun bit atau akarnya dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh, karena mengandunga zat besi dan juga protein. Penderita kekurangan darah dapat mengkonsumsi akar bit, bit ini dapat meningkatkan sel-sel darah dan meningkatkan aliran darah. Daun bit adalah sumber dari vitamin A yang baik dan akar bit adalah sumber yang sangat baik dari vitamin C.

  • Kacang Almond

Mengkonsumsi satu ons kacang almond tiap hati bisa, itu seperti mengkonsumsi 6% dari kebutuhan zat besi harian.
Kacang ini kaya akan zat besi dan dapat menambah darah dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

  • Adapun yang kaya akan zat besi seperti, asparagus, kurma, tiram, kentang dan Ara. Istirahat yang cukup serta memperbaiki pola hidup juga dapat menjadi solusinya.
Load disqus comments

0 komentar