Wednesday, June 18, 2014

Beberapa Fakta Dari Penyakit Bisul

Beberapa Faktar Dari Penyakit BisulBisul merupakan suatu kondisi dimana rongga pada jaringan telah terinfeksi sesuatu atau barang asing sehingga mengakibakan adanya nanah. Terjadinya bisul bisa terjadi karena adanya reaksi ketahanan dari jaringan untuk menghindari menyebar nya barang asing di tubuh.

Organisme atau barang asing membunuh sel sekitarnya, mengakibatkan keluarnya toksin. Toksin tersebut menyebabkan radang, sel darah putih mengalir menuju tempat tersebut dan kemudian meningkatkan aliran darah di tempat tersebut.

Beberapa fakta tentang bisul pun berkembang di masyarakat, di antaranya:
  • Bisul atau abses kulit adalah sekumpulan nanah yang terbentuk di bawah kulit.
  • Antibiotik saja tidak cukup untuk mengobati bisul.
  • Jika bisul masih berbentuk lembut dan sudah matang, Anda dapat memecahkannya untuk membuat bisul tidak berkembang lebih besar.
  • Bisul bukanlah penyakit menular. Namun, bakteri yang ada di dalam bisul bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain dan berkembang menjadi bisul lagi.
  • Kebanyakan bisul dapat sembuh dan hilang sendiri dengan melakukan perawatan di rumah.
  • Jika mengalami demam dalam jangka panjang akibat bisul, Anda bisa mengobatinya dengan obat penurun panas. Jika tidak turun juga, disarankan untuk menghubungi dokter.
  • Ada beberapa cara untuk mengurangi kemungkinan terkena bisul, tetapi bisul tidak sepenuhnya dapat dicegah.

Bisul memang buka merupakan penyakit yang berbahaya, tetapi kita harus tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan hal itu akan menghindari kita dari bisul. Bisul yang muncul biasanya akan hilang dan sembuh dengan sendirinya, tetapi bisul yang dipecahkan dengan sengaja (jika bisul keras) dapat mengalami infeksi. Ada baiknya hubungi dokter jika bisul semakin parah.
Load disqus comments

0 komentar