Wednesday, June 18, 2014

Risiko Perokok Pasif

Untuk sebagian orang, khususnya para perokok pasif, rokok adalah musuh terbesar yang tak hanya dihindari. Perokok pasif adalah seseorang yang menghirup asap rokok dari orang di dekatnya yang sedang merokok. Meskipun perokok pasif tak merokok secara langsung, namun seperti perokok aktif, perokok pasif juga memiliki risiko terserang berbagai penyakit yang disebabkan oleh asap rokok.
Risiko Perokok PasifPenelitian menunjukkan bahwa dalam asap tembakau mengandung lebih dari 4.000 senyawa kimia, seperti karbon monoksida yang biasa ditemukan dalam knalpot mobil, kromium yang umumnya digunakan untuk pembuatan besi, sianida yang sering digunakan dalam pembuatan senjata api, formaldehid yang banyak digunakan pada industri kimia, timbal yang merupakan bahan metal yang beracun, dan polonium yang termasuk suatu substansi radioaktif.

Karena banyaknya senyawa kimia yang dihirup oleh para perokok pasif, tentu saja penyakit menjadi timbul. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyerang para perokok pasif:
  1. Penyakit jantung
    Tidak hanya para perokok aktif yang berisiko terserang penyakit jantung, para perokok pasif pun juga memiliki tingkat risiko yang sama.  Hal tersebut dikarenakan setiap napas yang dihirup dan berasal dari asap rokok akan mengganggu pembuluh darah dalam tubuh.
  2. Penyakit paru
    Penyakit paru juga mengintai para perokok pasif karena asap rokok mengandung berbagai senyawa kimia yang dapat membahayakan kondisi paru-paru terutama bagi mereka yang memiliki asma atau PPOK (penyakit paru obstruktif kronik).
  3. Penyakit kanker
    Asap rokok merupakan salah satu faktor utama timbulnya berbagai penyakit, salah satunya kanker paru. Selain itu, benzena yang terkandung dalam asap rokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya leukemia.
  4. Gangguan pernafasan
    Kebanyakan orang saat menghirup asap rokok biasanya akan mengalami batuk. Merokok memang menimbulkan masalah pada pernapasan, tetapi perokok pasif ternyata juga memiliki risiko gangguan kesehatan yang sama, misalnya memperparah asma, sulit bernapas, batuk berkepanjangan, sampai alergi.
Merokok merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit. Merokok tidak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga orang lain di sekitar Anda. Mulailah merubah pola hidup sehat dan rutin olahraga agar terhindar dari berbagai penyakit.
Load disqus comments

0 komentar