Saturday, June 14, 2014

Cara Mengatasi Cuaca Dingin

Di musim hujan seperti ini, banyak orang lupa untuk minum karena memang cuaca yang dingin dan akibatnya tidak merasa haus. Padahal, dalam kondisi seperti itu udara yang dihirup cenderung kering sehingga paru-paru harus bekerja lebih keras untuk melembabkan dan menghangatkan udara.

Nah, semakin keras tubuh bekerja, semakin banyak kebutuhan tubuh akan air. Lalu, bagaimana caranya agar tetap terhidrasi meskipun kita tidak merasa haus akibat cuaca yang dingin?

1. Gunakan baju rangkap
Keringat bisa mengurangi suhu badan serta memaksa tubuh untuk bekerja lebih keras guna menjaga aliran daran dan suhu. Sehingga, dengan memakai pakaian berlapis akan membantu tubuh mendapat air dengan menyerap keringat.

2. Ganti air yang keluar
Air keluar dari tubuh melalui pernapasan, keringat, dan buang air kecil. Jika saat ke toilet urine Anda berwarna pucat dan jumlahnya banyak, itu tanda Anda terhidrasi dengan baik. Sebaliknya, jika warna urine gelap dan jumlahnya sedikit, Anda perlu minum lebih banyak cairan.

3. Minum sesuai durasi kesehatan
Jika Anda berolahraga sampai satu jam, Anda bisa merehidrasi tubuh hanya dengan minum air putih. Tapi, jika waktunya lebih dari itu, tambahkan elektrolit dan karbohidrat.

4. Minum minuman hangat
Minuman yang dingin lebih cepat diserap tubuh. Tapi, minuman yang hangat atau bersuhu kamar lebih baik sebab bisa menjaga suhu dalam tubuh dengan optimal.

5. Makan buah
Mengonsumsi buah-buahan di musim dingin bisa jadi sumber air terbaik. Misalnya saja apel dan pir yang mengandung air 84% sekaligus bisa membantu melawan flu.
Load disqus comments

0 komentar