Wednesday, June 18, 2014

Penyebab Roti Berjamur

Penyebab Roti Berjamur
Roti merupakan sumber makanan untuk berbagai jenis jamur. Spora jamur sebenarnya sangat banyak disekitar kita misalnya pada udara dan ukurannya sangat kecil di bawah kondisi yang tepat, spora ini dapat tumbuh di hampir semua bahan organik dan mulai mencernanya.

Pada roti, enzim jamur akan memecah dinding sel dari bahan organik yang membentuk roti menjadi senyawa molekuler yang lebih sederhana. Jamur terdiri atas banyak spesies yang berkontribusi terhadap 5% dari seluruh jumlah spesies yang hidup dibumi.

Jamur tidak memiliki klorofil yang pada akhirnya jamur tidak dapat menerima energi langsung dari matahari.Sebagian jamur bersifat parasit, artinya merugikan inang tempat tumbuhnya, sedangkan jenis lain hidup pada bahan organik yang sudah mati.Jamur dapat memakan berbagai molekul organik, sehingga fleksibilitas ini memungkinkannya tumbuh hampir dimana saja.

Jamur menghasilkan puluhan enzim pencernaan dan asam untuk mencerna bahan organik yang ditumbuhinya. Tidak seperti manusia, jamur bekerja dengan arah berlawanan, bahan organik harus dicerna dulu baru kemudian dimakan. Karena sifat jamur yang mampu memakan hampir apapun, terdapat spesies yang dikembangkan khusus sebagai agen pembersih.Jamur mampu berkembang biak secara eksponensial sampai semua nutrisi yang tersedia telah habis.

Jamur berkembang biak dengan spora, suatu substansi kecil yang diproduksi oleh jamur secara massal. Untungnya, spora dapat dihancurkan dengan pemanasan (dimasak). Itu mengapa roti tidak segera terinfeksi jamur sesaat setelah matang. Seiring waktu, bagaimanapun, spora dari udara akhirnya menempel pada roti yang merupakan substansi kaya gizi.

Ketika dimasukkan dalam freezer, spora jamur menjadi tidak aktif, meskipun dapat aktif kembali saat ditempatkan pada suhu ruangan.
Load disqus comments

0 komentar